Home Internet Pengertian Internet serta Manfaatnya untuk Manusia

Pengertian Internet serta Manfaatnya untuk Manusia

by Nina Safira
Pengertian Internet serta Manfaatnya untuk Manusia

Apakah anda mengetahui pengertian internet, manfaat, fungsi, dan juga dampaknya? Di zaman sekarang sebagian besar orang di seluruh dunia menggunakan internet dan memang internet ini memberikan dampak begitu besar bagi aktivitas kita sehari-hari. Penggunanya juga tidak memandang usia, baik itu anak-anak, orang dewasa, hingga lansia pun menggunakannya.

Untuk saat ini saja internet menjadi suatu kebutuhan yang perlu digunakan setiap hari baik itu untuk belajar, mencari informasi, bekerja, dan lain sebagainya. Karena hal tersebut maka pengertian internet telah diartikan secara umum karena istilahnya memang sudah tidak asing lagi saat ini.

Internet begitu mempengaruhi kegiatan kita sehari-harinya, di kota-kota besar saja pengguna internet sangat banyak dan bisa dipastikan mereka menggunakannya setiap hari. Internet membuat penerimaan informasi dan aktivitas jadi lebih cepat dan mudah, bahkan beberapa masalah bisa diatasi dengan adanya internet.

Kita bisa melihat di berbagai tempat bahwa internet begitu mempengaruhi aktivitas, baik itu orang-orang yang sedang membuka media sosial, mencari informasi di mesin pencari, memesan layanan transportasi online, dan lainnya.

Pengertian Internet

Pada pembahasan di poin pertama ini kami akan menjelaskan kepada anda mengenai pengertian dari internet. Internet sendiri merupakan suatu jaringan yang fungsinya menghubungkan media elektronik yang satu dengan media elektronik lainnya. Nah, jaringan komunikasi tersebut nantinya mentransfer data secara cepat dan tepat lewat frekuensi tertentu. Penggunaan internet dengan standar global yaitu menggunakan Transmission Control Protocol (IP/TCP) atau Internet Protocol.

Istilah itu merupakan bentuk protokol pertukaran paket yang secara global telah digunakan. Selanjutnya ada internetworking yang merupakan proses menghubungkan rangkaian internet. Pengertian internet juga dikemukakan oleh para ahli, salah satunya Onno W Purbo selaku ahli IT yang berpendapat bahwa internet adalah media yang dipakai dalam mengefisiensikan proses komunikasi memakai aplikasi.

Manfaat Internet

Usai mengetahui pengertian internet, selanjutnya akan dijelaskan mengenai manfaat dari internet. Beragam kemudahan diberikan oleh internet untuk berbagai kalangan. Manfaat internet telah banyak dirasakan oleh orang-orang, hal tersebut yang membuat para penggunanya juga seakan tidak bisa lepas dari internet. Lantas, apa saja manfaat dari internet? Berikut ini penjelasannya:

1. Manfaat Internet dalam Bidang Kesehatan

Manfaat yang pertama ada di bidang kesehatan, di mana internet memberikan banyak sekali manfaat untuk para pengguna. Internet mampu memberikan informasi mengenai kesehatan dengan bantuan dari jaringan komputer. Karena ada begitu banyak informasi mengenai kesehatan, anda harus berhati-hati ketika memilih informasi agar tidak keliru menerima informasinya.

Dengan hadirnya internet juga pasien lebih mudah berinteraksi dengan tenaga medis. Kini telah hadir beragam website kesehatan yang menawarkan konsultasi pengguna dengan para dokter secara online. Website tersebut memungkinkan pengguna untuk memilih dokter sesuai dengan bidang keahliannya. Misalnya anda mengalami masalah jerawat atau bisul, maka dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kulit.

Lewat internet juga anda dapat mengakses beragam informasi terkait kesehatan, mulai dari cara mengelola stres, gaya hidup sehat, mencegah penyakit tertentu, makanan apa yang direkomendasikan untuk penderita diabetes, rekomendasi rumah sakit, dan lain sebagainya.

2. Manfaat Internet dalam Bidang Pendidikan

Kehadiran internet begitu membantu kegiatan siswa/siswi maupun mahasiswa/mahasiswi ketika mereka mencari materi yang dibutuhkan untuk belajar atau mengerjakan tugas. Mereka yang tidak bersekolah formal atau memilih home schooling dapat mencari informasi terkait bahan ajaran kapan pun. Melalui internet mereka bisa mencari informasi sesuai keinginan, inilah yang membuat internet membantu mereka dalam mengembangkan pengetahuannya.

Internet membantu setiap pengguna untuk mengembangkan keterampilannya masing-masing. Lewat beragam fitur yang bisa diakses oleh pengguna, maka mereka dapat mengasah keterampilan yang dimiliki. Internet bisa diakses melalui paket jaringan wifi atau operator seluler dengan kecepatan sesuai pilihan para pengguna.

3. Manfaat Internet dalam Bidang Bisnis

Sedangkan dalam bidang bisnis, internet juga memberikan manfaat yang sangat nyata. Yang mana internet memudahkan para pebisnis dalam mendapatkan keuntungan finansial, pelaku usaha dapat menjalankan bisnis online, bisnis start-up, maupun industri kreatif. Pada saat anda memutuskan untuk menggunakan internet dalam kegiatan berbisnis, jangkauan yang tadinya sedikit malah semakin meluas. Hal tersebut membuat bisnisĀ  mampu berkembang dengan lebih pesat.

Ada salah satu profesi yang begitu diminati saat ini, hal tersebut dimulai dengan keberadaan internet beserta media sosial, yaitu content creator. Hanya dengan bermodalkan koneksi internet dan smartphone saja, anda sudah bisa mencoba sebagai content creator.

4. Manfaat Internet di Bidang Sosial dan Hiburan

Para pengguna begitu diuntungkan dalam kehadiran internet, terutama dalam bidang sosial dan hiburan. Internet memudahkan para pengguna untuk mengakses beragam informasi dan hiburan. Sosial media begitu banyak penggunanya dan saat ini kehadirannya pun begitu diminati. Pengaksesan yang mudah bisa membuat siapa saja mendapatkan hiburan.

5. Manfaat Internet di Bidang Komunikasi dan Informasi

Dan manfaat internet yang terakhir adalah dalam bidang komunikasi dan informasi. Di mana internet memudahkan pengguna untuk berkomunikasi meski di jarak yang jauh. Beda dengan zaman dulu yang mana orang-orang harus memiliki pulsa, mengirimkan surat, atau sebagainya demi bisa berkomunikasi. Namun saat ini sudah ada internet yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara audio maupun audio-visual.

Sama halnya dalam bidang informasi, melalui mesin pencari seperti Google anda dapat mencari informasi tentang apapun tanpa adanya batasan. Hanya dengan mengetik kata kunci di kolom yang tersedia, mesin pencari akan menyajikan berbagai informasi terkait untuk anda. Dan informasi yang diberikan pun tak sebatas dari dalam negeri saja, melainkan dari luar negeri juga.

Dari penjelasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa internet sendiri mempunyai banyak sekali manfaat untuk manusia. Bahkan saat ini internet telah menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa lepas dari aktivitas sehari-hari. Demikian pembahasan kami kali ini mengenai pengertian internet dan manfaatnya untuk manusia, semoga bisa bermanfaat untuk anda ya!

Related Posts

Leave a Comment