Home Internet 16 Cara Hasilkan Uang dari Internet, Mudah dan Siapa Saja Bisa!

16 Cara Hasilkan Uang dari Internet, Mudah dan Siapa Saja Bisa!

by Nina Safira
Cara Hasilkan Uang dari Internet

Kita menyadari bahwa teknologi semakin maju dengan pesat dan perkembangannya pun mendukung beragam sektor kehidupan, salah satunya ekonomi. Kini mendapatkan uang tidak harus bekerja secara tatap muka, karena anda pun sudah bisa memanfaatkan teknologi yang ada seperti internet untuk menghasilkan uang. Sehubungan dengan hal tersebut, di sini kami akan memberikan 17 cara hasilkan uang dari internet.

Sejak awal kemunculan internet hingga saat ini memang fungsinya sangat besar, memungkinkan setiap penggunanya mendapatkan penghasilan. Kini mendapat uang dari internet bukan menjadi hal yang mengherankan lagi.

Masih ingatkah anda saat pandemi Covid-19 yang melanda dunia beberapa tahun lalu? Pandemi tersebut mempengaruhi banyak sektor, ekonomi dunia mengalami penurunan drastis. Banyak orang yang kehilangan pekerjaannya akibat banyak juga perusahaan yang “gulung tikar”. Namun beruntungnya ada internet yang sangat membantu para pengguna dalam menghasilkan uang secara online.

Cara Hasilkan Uang dari Internet

Cara Hasilkan Uang dari Internet

Bagi anda yang berminat untuk mencoba cara hasilkan uang dari internet, maka bisa menerapkan beberapa cara yang kami berikan di bawah ini. Sebenarnya ada banyak sekali caranya, seperti menjadi content creator, penerjemah, reseller, dan lain sebagainya. Tak perlu berlama-lama lagi mari kita simak di bawah ini:

1. Content Creator

Istilah “content creator” di Indonesia dan dunia memang sudah tidak asing lagi ya. Profesi sebagai content creator merupakan seseorang yang membuat konten kemudian meng-upload ke media sosial seperti YouTube, Instagram, dan TikTok. Banyak orang yang ingin menjadi content creator dan dijadikan sebagai pekerjaan impian mereka.

Tidak hanya menjadi salah satu cara hasilkan uang dari internet, seorang content creator juga mendapatkan tawaran endorse dan lebih dikenal oleh masyarakat. Sebagai content creator mengharuskan anda untuk menguasai satu bidang saja, seperti beauty, review makanan dan masakan, lifestyle, game, dan sebagainya.

2. Ikuti Program Affiliate Marketing

Affiliate marketing atau marketing afiliasi merupakan salah satu cara mudah yang bisa anda terapkan untuk mendapat uang. Anda hanya perlu memberikan rekomendasi produk dari suatu merchant yang telah terintegrasi oleh program afiliasi. Di Indonesia dan di luar negeri sudah banyak orang yang mengikuti program ini.

Setiap ada produk yang berhasil anda jual melalui kode referral atau link, anda bisa mendapatkan komisi yang menggiurkan. E-commerce di Indonesia sudah banyak yang mengikuti program ini, anda dapat memanfaatkannya sekarang juga. Hanya perlu klik dan share barang yang diinginkan, dan keuntungan pun bisa anda dapatkan.

Biasanya syarat untuk mengikuti program ini juga tidak sulit, salah satunya akun anda aktif di suatu merchant yang mengadakan program ini. Bahkan sosial media tanpa jumlah followers tertentu juga dapat menerapkan program afiliasi marketing.

3. Membuat Toko Online

Online shop atau toko online dianggap sebagai salah satu cara hasilkan uang dari internet yang paling populer. Anda bisa menjual berbagai barang di toko online, memanfaatkan platform seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan lain sebagainya.

Tidak hanya memanfaatkan media sosial, anda juga bisa bergabung ke e-commerce tertentu agar barang yang anda jual bisa dilihat oleh pengguna e-commerce yang lain. Internet memberikan peluang besar karena produk anda akan lebih mudah dijangkau oleh masyarakat luas.

4. Membuat Blog

Apakah anda hobi menulis? Jika iya, cobalah menerapkan cara hasilkan uang dari internet yang satu ini. Membuat blog menjadi solusi yang tepat agar dompet anda terus terisi. Sebelum membuat blog, sebaiknya anda memastikan terlebih dahulu bahwa anda memang punya keterampilan menulis ya. Ini ditujukan agar konten yang dihasilkan tidak hanya berjumlah banyak, namun juga tetap memperhatikan kualitas.

Kalau performa blog anda sudah cukup baik, daftarkan program Google Adsense agar anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang terdapat di dalam website.

5. Bisnis Dropship

Bisnis dropship begitu menggoda dan banyak sekali orang yang menerapkannya saat ini karena memang begitu menghasilkan. Kalau anda ingin membuka online shop namun budget yang dimiliki masih pas-pasan, jalankan saja bisnis dropship.

Apa itu dropship? Dropshipping atau dropship merupakan suatu metode berjualan di mana penjual tidak perlu menyetok barang secara fisik. Peran penjual dalam metode dropship ini adalah memasarkan atau menjual kembali barang supplier. Mulai dari stok barang hingga pengiriman akan diurus oleh supplier.

6. Jasa Online Coaching

Situasi pandemi Covid-19 memang begitu mengubah banyak hal, salah satunya pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka maka saat pandemi lalu dilakukan pembelajaran online. Ketika pandemi berakhir, kini pembelajaran juga tetap bisa dilakukan secara online. Apalagi sudah banyak platform konferensi online seperti Google Meet dan Zoom Meeting.

Cara hasilkan uang dari internet ini bisa anda terapkan bahkan tanpa memerlukan modal sama sekali. Di mana anda hanya perlu mengandalkan keahlian public speaking yang baik untuk memberikan materi ajar, dan menguasai keahlian seperti desain, menulis, dan bahasa asing. Manfaatkan berbagai website dan platform yang tersedia.

7. Live Streaming Game

Memainkan game di zaman sekarang bukan hanya menjadi hobi atau hiburan mengisi waktu luang saja. Karena anda bisa memanfaatkan hobi bermain game sebagai cara hasilkan uang dari internet. Cobalah live streaming game online, cara ini sudah banyak diterapkan oleh gammers di seluruh dunia.

Jadi anda hanya perlu merekam diri ketika memainkan game dan melakukan live streaming atau siaran langsung. Tak jarang ada penonton yang memberikan gift dan kalau akun anda sudah banyak followers-nya bukan hal yang tak mungkin bahwa perusahaan atau sponsor akan bekerjasama dengan anda.

8. Trading Saham

Untuk menerapkan cara hasilkan uang dari internet yang satu ini memang tidak mudah, lantaran anda harus mempelajarinya dengan baik terlebih dahulu. Sebagai trader anda harus melalui beberapa tahap hingga menjadi trader pro. Perjalanan yang berat ini memang sebanding dengan hasilnya, karena banyak trader yang berhasil mendapatkan uang dari trading saham.

Kalau anda berminat trading saham, pahami terlebih dahulu analisa teknikal dengan baik. Jangan lupa mempelajari dari dasar trading saham ya.

9. Podcasting

Selanjutnya ada podcasting yang di Indonesia sendiri sudah mulai banyak orang yang menerapkannya. Kegiatan ini merupakan pembuatan konten audio secara online yang dapat anda unggah ke beragam platform, baik itu Spotify, YouTube, dan lain sebagainya.

10. Menawarkan Jasa Terjemah

Membuka jasa penerjemah menjadi salah satu hal yang bisa anda coba, apalagi kalau anda sudah menguasai suatu bahasa asing secara pro. Di tengah-tengah kesibukan anda bekerja, dan kalau anda ingin mendapatkan uang tambahan, menawarkan jasa penerjemah bisa dilakukan.

Jasa ini juga cukup potensial dan client tidak hanya dari dalam negeri, bahkan dari luar negeri. Agar peluang yang didapat semakin besar, kejarlah sertifikat keahlian bahasa asing seperti Mandarin, bahasa Jepang, bahasa Inggris, bahasa Jerman, dan lain sebagainya.

11. Ikuti Survei Online Berbayar

Cara hasilkan uang dari internet yang sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja adalah mengikuti survei secara online dan anda akan mendapatkan bayaran. Perusahaan saat ini begitu membutuhkan pendapat dari masyarakat agar bisa mengisi survei.

Tapi memang penyelenggara membutuhkan peserta dengan target market tertentu, misalnya wanita dengan usia 20 – 30 tahun, anak-anak usia 6 – 10 tahun, dan lain sebagainya. Bayaran yang diberikan oleh penyelenggara dalam survei online berbayar juga tidak main-main. Kalau anda berminat, manfaatkan saja beberapa platform survei online berbayar seperti Survey Junkie, Harris Poll Online, dan juga Swagbucks.

12. Menjadi Admin Media Sosial

Menjadi admin media sosial bisa mendatangkan uang. Profesi sebagai admin media sosial juga banyak diminati saat ini, kalau anda membutuhkan uang tambahan maka tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi admin.

13. Freelancer

Orang yang berminat menjadi freelancer begitu banyak, ini juga sejalan dengan banyaknya platform lowongan kerja untuk freelancer. Anda dapat menjadikan pekerjaan ini sebagai sampingan atau pekerjaan utama karena pundi-pundi yang bisa dihasilkan sangat menggiurkan.

Kalau anda memiliki keahlian dalam bidang penulisan artikel, penerjemah, entry data, fotografer, dan lain sebagainya. Pilih saja bidang yang sesuai dengan keinginan dan keahlian anda. Kami sarankan untuk anda membuat portofolio terlebih dahulu agar calon client bisa mengetahui hasil karya anda sebelumnya.

14. Menjual Masakan di Media Sosial

Anda ahli memasak? Cobalah untuk menjual masakan di media sosial. Tapi sebaiknya untuk awal-awal pemasaran, masak menu yang sekiranya mudah dan tahan lama. Setelah anda mempromosikan jualan di media sosial, buat akun di platform transportasi online seperti Go Food, Shopee Food, maupun Grab Food.

15. Jastip

Jasa titip atau jastip merupakan cara hasilkan yang dari internet yang bisa anda coba. Jasa ini menawarkan kemudahan untuk orang-orang yang ingin membeli suatu barang dari luar kota atau luar negeri. Caranya mudah, anda memanfaatkan media sosial untuk menawarkan jasa jastip ini, jika ada orang yang berminat maka anda akan membeli barang tersebut dan menjualnya kembali dengan keuntungan tertentu.

16. Jasa SEO

Dan yang terakhir adalah jasa SEO atau search engine optimization, kalau anda memiliki pengetahuan yang luas mengenai SEO maka bisa menawarkan ke para pelaku bisnis dan menjadi cara hasilkan uang dari internet. SEO sangat penting untuk suatu website, dengan SEO visibilitas situs web dapat meningkat, ini juga yang meningkatkan traffic penjualan.

Itulah beberapa cara hasilkan uang dari internet yang bisa anda coba. Anda pun dapat melihat pembahasan kami yang lain mengenai internet seperti pengertian internet dan manfaatnya. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat untuk anda ya!

Related Posts

Leave a Comment