Home Internet 11 Cara Hasilkan Uang dari TikTok, Ada yang Tanpa Modal

11 Cara Hasilkan Uang dari TikTok, Ada yang Tanpa Modal

by Nina Safira
11 Cara Hasilkan Uang dari TikTok, Ada yang Tanpa Modal

Sebagai platform media sosial yang beberapa tahun belakangan ini naik daun, TikTok begitu diminati banyak orang di dunia. Jumlah pengguna TikTok saat ini saja sudah lebih dari 1 miliar, dan jumlah tersebut merupakan pengguna bulanan aktif. Jangan hanya jadikan TikTok sebagai media sosial biasa, namun anda juga bisa memanfaatkannya sebagai cara hasilkan uang dari TikTok.

Scrolling TikTok selama berjam-jam memang menyenangkan, apalagi banyak konten menarik di sana. Tapi akan lebih baik kalau TikTok dimanfaatkan bukan hanya sekedar media sosial yang menghibur, namun bisa menjadi ladang cuan.

Terdapat beberapa cara hasilkan uang dari TikTok, bahkan ada yang tanpa modal sama sekali. Dan anda bisa memilih cara yang sesuai keinginan, baik itu membuka TikTok Shop, menjalankan misi di TikTok, dan lain sebagainya.

11 Cara Hasilkan Uang dari TikTok, Apa Saja?

11 Cara Hasilkan Uang dari TikTok, Ada yang Tanpa Modal

Dari banyaknya media sosial yang ada saat ini, beberapa di antaranya begitu diminati oleh orang-orang di dunia, termasuk TikTok. Nah, awal kemunculan aplikasi tersebut memang hanya segelintir orang yang menggunakannya. Namun seiring dengan berjalannya waktu jumlah penggunanya kian bertambah.

Bagi anda yang ingin mendapatkan uang dari TikTok, yuk ketahui beberapa cara hasilkan uang dari TikTok di bawah ini:

1. Pembuatan Sponsored Content Post

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang pertama yaitu dengan membuat sponsored content, ini merupakan konten yang dibuat oleh content creator TikTok. Sesuai dengan namanya, tujuan pembuatan konten ini adalah mempromosikan layanan maupun produk dari suatu brand, baik itu makanan, produk kecantikan, produk fashion, dan lain sebagainya.

Nantinya brand akan membayar anda ketika membuat konten yang menampilkan produk terkait. Anda bisa membuat konten tersebut untuk promosi seperti melakukan review, endorsement, dan konten promo yang lain. Tapi jangan asal-asalan membuat kontennya, anda harus mengikuti ketentuan yang telah disampaikan oleh brand dan konten juga dibuat dengan marketing TikTok yang ampuh.

Untuk membuat konten ini sebenarnya tidak sulit, bahkan anda tidak perlu menunggu followers hingga jutaan untuk bisa melakukannya. Saat ini banyak brand yang “melirik” content creator tidak hanya dari followers. Bahkan banyak brand yang memburu content creator meski followers-nya masih ribuan saja dan melakukan kolaborasi.

2. Menjadi Influencer TikTok

Menjadi influencer media sosial memang banyak sekali peminatnya saat ini, hal tersebut bukan tanpa alasan karena sebagai influencer bisa dikenal luas oleh masyarakat dan banyak brand yang ingin melakukan kerjasama. Bagi anda yang ingin cara hasilkan uang dari TikTok maka bisa memilih cara yang satu ini.

Apa itu influencer? Jadi, influencer sendiri merupakan seseorang yang bisa mempengaruhi orang lain lewat konten-konten yang dibuatnya. Seorang influencer mempunyai followers akun mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Anda pun dapat melakukan kerjasama dengan brand dengan tujuan mempromosikan produk, nantinya anda bisa mendapat imbalan.

TikTok sendiri merupakan aplikasi yang di dalamnya memiliki fitur Brand Takeover, Creator Fund, dan Branded Hashtag Challenge yang sangat membantu influencer dalam menghasilkan pundi-pundi. Kalau anda berminat untuk menjadi seorang content creator, kami sarankan fokus membuat konten dengan niche yang disesuaikan, konsisten upload konten, dan berinteraksi dengan baik ke followers-followers anda.

3. Menjalankan Misi di TikTok

Mungkin untuk hal ini sudah banyak pengguna yang mengetahuinya, di mana TikTok memberikan misi tertentu dan jika dijalankan dengan baik maka anda bisa mendapatkan uang dari TikTok. Aplikasi yang satu ini menyediakan beragam misi yang bisa anda coba, seperti menonton konten video di TikTok atau mengundang teman.

Kalau anda misi yang berhasil anda selesaikan, nantinya akan ada hadiah menarik yang bisa didapatkan berupa koin maupun uang tunai. Nantinya untuk hadiah berupa koin bisa anda tukar dengan uang. Tidak hanya itu, TikTok juga memberikan kelebihan lain seperti konten pendek di akun TikTok anda punya peluang dapat eksposur yang lebih besar karena pihak aplikasi ini akan mempromosikannya.

4. Donasi dari Live Gifting

Cara hasilkan uang dari TikTok yang satu ini terbilang menarik dan anda bisa mendapatkan keuntungan pada saat melakukan live streaming atau siaran langsung. Jadi ketika anda sedang live, maka penonton bisa saja memberikan stiker gift. Setiap stiker memiliki nilai tertentu, dan anda bisa menukarnya dengan uang tunai maupun koin.

Stiker gift yang diberikan oleh penonton ini mereka beli dengan uang, sehingga ketika viewer memberikannya ke anda maka anda pun dapat menukarkannya. Ada syarat tertentu untuk menukarkan gift, seperti minimal followers ada 1.000 dan untuk memakai fitur live streming usia minimal 16 tahun.

5. Menjual Produk di TikTok Shop

TikTok Shop merupakan salah satu platform e-commerce yang begitu banyak peminatnya saat ini. Manfaatkan hal tersebut untuk cara hasilkan uang dari TikTok, di mana anda bisa menjual produk apa saja di platform tersebut. Meski usia TikTok Shop belum se-senior Tokopedia, Shopee, maupun Lazada karena e-commerce yang terpisah dengan media sosial.

Bagi anda yang berminat untuk menjual produk di platform ini, lakukan registrasi terlebih dahulu. Proses pendaftaran juga terbilang mudah, dan anda harus mengikuti persyaratan apa saja yang telah ditetapkan oleh platform TikTok Shop. Setelah itu unggah produk yang dijual beserta dengan keterangan lengkapnya, tunggu pembeli melakukan pembayaran dan produk pun siap dikirim.

Tips dari kami agar penjualan bisa lebih maksimal yaitu mempromosikan produk yang dijual dengan melakukan live streaming. Ketika live streaming berlangsung anda bisa mengenalkan produk apa saja yang dijual beserta deskripsinya. Sudah banyak penjual lain yang melakukan cara ini dan terbukti ampuh untuk datangkan pembeli.

6. Mendaftar TikTok Affiliate

TikTok juga mempunyai program TikTok Affiliate yang bisa anda manfaatkan dengan baik. Affiliate sendiri adalah program yang memungkinkan pengguna untuk mempromosikan produk tertentu, nantinya anda bisa mendapatkan komisi dari produk yang terjual tersebut.

Bagaimana cara kerja dari program affiliate ini? Sebenarnya sama dengan program afiliasi yang lain, anda hanya perlu menambahkan tautan atau link affiliate produk, nantinya akan ada penonton yang mengklik link tersebut dan anda pun bisa mendapat komisi.

Tapi yang pasti setiap e-commerce yang membuka program afiliasi ini dengan ketentuan yang berbeda-beda. Anda harus membaca setiap ketentuan yang ada untuk bisa diterima sebagai afiliator. Buka aplikasi TikTok shop dan ketahui apa saja syarat dan ketentuannya.

7. Gabung di TikTok Creator Fund

Jika anda bergabung di Creator Fund TikTok sebagai cara hasilkan uang dari TikTok, anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan dari bayaran di setiap konten yang dianggap menarik. Tidak hanya itu, bergabung di program ini juga membuat pengguna mendapat bayaran jika banyak disukai oleh followers dan memiliki engagement tinggi.

Sebenarnya mudah untuk bisa mengikuti program tersebut, di mana anda setidaknya mempunyai 100 ribu views dalam 1 bulan terakhir. Program satu ini termasuk baru diadakan oleh TikTok, jadi mungkin saja kebijakan dan keuntungan yang ditawarkan bisa berubah seiring berjalannya waktu.

8. Gunakan TikTok Ads

Kemudian anda bisa memanfaatkan TikTok Ads, sesuai dengan namanya ini adalah fitur yang ditawarkan oleh aplikasi TikTok dalam mengiklankan produk atau layanan di aplikasi tersebut. Pengguna bisa memanfaatkannya agar trafik ke website, toko milik anda, maupun marketplace lain. Iklan yang ditampilkan begitu beragam, seperti TopView Ads maupun In-feed Image Ads.

9. Menjual Akun TikTok

Setiap pengguna TikTok pasti ingin membangun akunnya hingga besar dan menjualnya agar bisa mendapatkan uang dari aplikasi ini. Nah, salah satu cara hasilkan uang dari TikTok yang bisa anda coba adalah menjual akun TikTok, pastinya cara ini memberikan keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Bahkan bisnis yang terbilang menjanjikan ini banyak peminatnya.

Kalau anda punya bakat dalam memperbanyak jumlah followers, maka pembeli potensial sudah pasti banyak berdatangan. Tidak hanya di TikTok saja, website atau e-commerce lain juga banyak yang memanfaatkan cara ini.

10. Jasa Admin TikTok

Menawarkan jasa sebagai admin akun TikTok merupakan cara hasilkan uang dari TikTok yang dapat dicoba selanjutnya. Sebagai admin media sosial tentu anda wajib mengelola akun agar bisa bertambah besar dan menerapkan strategi tertentu.

Kalau anda memahami mengenai seluk-beluk dunia digital marketing serta menguasai bagaimana cara pembuatan kontennya, tentu cocok menjadi admin media sosial TikTok. Jangan lupa juga untuk memahami apa saja konten yang sedang viral dan yang sering masuk ke FYP TikTok ya untuk hasil lebih maksimal.

11. Mempromosikan Musik

Selanjutnya adalah mempromosikan musik, cara yang satu ini juga cocok bagi para pemula ketika ingin tahu cara hasilkan yang dari TikTok. Hanya dengan mempromosikan lagu ke video pendek anda, anda pun sudah bisa mendapatkan keuntungan.

Memang hampir semua ide konten di media sosial TikTok memakai lagu tertentu, baik itu konten pendek atau yang cukup panjang. Para musisi memanfaatkan hal tersebut, dan kalau anda memiliki jumlah followers dan engagement cukup besar maka musisi akan memberikan bayaran ke anda karena sudah mempromosikan lagu mereka melalui konten video anda.

Itulah 11 cara hasilkan uang dari TikTok yang bisa anda coba salah satu atau beberapa. Bahkan dari daftar cara di atas, ada yang gratis lho! Selain pembahasan di atas, anda juga bisa mengetahui cara hasilkan uang dari internet di pembahasan kami yang lainnya. Selamat mencoba ya!

Related Posts

Leave a Comment