Home Teknologi Aplikasi Cek Bansos: Pengertian, Fitur, dan Manfaatnya

Aplikasi Cek Bansos: Pengertian, Fitur, dan Manfaatnya

by Nina Safira
Aplikasi Cek Bansos Pengertian, Fitur, dan Manfaatnya

Aplikasi Cek Bansos telah hadir untuk membantu masyarakat dalam mengetahui penyaluran Bantuan Sosial (Bansos). Aplikasi ini hadir dengan fitur yaitu Usul dan Sanggah, sebagai aplikasi berbasis digital sudah pasti praktis dalam penggunaannya.

Sekilas Mengenai Aplikasi Cek Bansos

Anda bisa mengakses penggunaan Aplikasi Cek Bansos hanya dengan memakai ID pengguna yang sebelumnya sudah diverifikasi dan diaktivasi oleh admin Kemensos (Kementerian Sosial). Pemilik ID juga bisa memberikan tanggapan atas kelayakan untuk penerima manfaat seperti ada masyarakat yang tidak layar mendapat bansos, caranya seperti di bawah ini:

  1. Pastikan Aplikasi Cek Bansos sudah ada di hp anda
  2. Klik ikon pengisian ulasan
  3. Isi alasan pada kolom yang tersedia, pernyataan, maupun sebagainya
  4. Klik Kirim Tanggapan

Pemilik ID dapat mendaftarkan keluarga, dirinya, maupun masyarakat lain yang dianggap membutuhkan bantuan sosial dengan klik tombol Tambah Usulan. Hadirnya fitur Usul Sanggah ini sangat penting dalam memfasilitasi masyarakat luas agar mereka ikut berpartisipasi sehingga bansos tepat sasaran. Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk hal ini.

Pengertian Aplikasi Cek Bansos

Aplikasi Cek Bansos sendiri adalah suatu platform digital yang secara khusus dirancang oleh Kementerian Sosial guna membantu masyarakat luas dalam pengecekkan dan mengakses informasi yang tentunya berkaitan dengan bansos.

Menggunakan aplikasi ini para pengguna bisa mengetahui apakah namanya atau nama masyarakat lain telah terdaftar sebagai warga yang menerima bansos atau tidak. Pengguna juga dapat mengetahui bagaimana proses serta syarat untuk mengajukan maupun menerima bansos, mengetahui jenis bantuan yang tersedia.

Tujuan utama dari hadirnya aplikasi tersebut adalah mempermudah dalam mengakses informasi untuk penyaluran bansos dan masyarakat juga mengetahui jenis bansos yang diterima.

Fitur Utama dari Aplikasi Cek Bansos

Terdapat dua fitur utama yang terdapat di Aplikasi Cek Bansos, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengecek Penerima Bansos

Seperti yang telah kami jelaskan di awal, Aplikasi Cek Bansos sudah pasti mempunyai fitur utama untuk membantu pengguna dalam mengecek penerima bansos. Aplikasi ini bermanfaat untuk memeriksa siapa saja pihak yang akan menerima manfaat bansos di wilayah administratif tertentu.

Dengan demikian maka masyarakat serta pihak yang berwenang bisa memastikan bantuan telah disalurkan ke calon penerima manfaat yang sudah sesuai dengan persyaratan yang ada.

2. Usul dan Sanggah

Melalui Aplikasi Cek Bansos, maka Kementerian Sosial sudah menambahkan fitur bernama Usul dan Sanggah. Secara khusus fitur Usul dirancang agar pengguna aplikasi bisa mengajukan usulan untuk diri sendiri, keluarga, maupun orang lain untuk masuk ke dalam DTKS (Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial) untuk nantinya mendapatkan bantuan sosial.

Sedangkan untuk fitur Sanggah sendiri akan membantu untuk permasalahan seputar bansos, misalnya orang yang tidak berhak menerima bansos namun menerimanya, atau orang yang sebenarnya berhak dalam penerimaan bansos namun malah tidak dapat bantuan sosial sama sekali.

Apa Manfaat Aplikasi Cek Bansos?

Lantas, apa saja manfaat dari Aplikasi Cek Bansos ini? Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Bisa dengan mudah melakukan pengecekkan status PM (Penerima Manfaat).
  • Mendapatkan informasi terbaru yang berhubungan dengan program bansos untuk masyarakat.
  • Mengajukan usul maupun menyanggah pihak yang menerima bansos.
  • Pendaftaran Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS bisa dilakukan secara online sehingga lebih praktis tanpa perlu datang ke kantor dan mengisi formulir manual.
  • Mempercepat proses registrasi, verifikasi, serta menyalurkan bantuan hanya dengan platform digital.

Related Posts

Leave a Comment